Selamat Datang Di Blog Saya Semoga Bermanfaat

Kamis, 11 Desember 2014

Power Amplifier OCL 100 Watt Cocok Untuk Luar Ruang atau Subwoofer

Rangkaian Power Amplifier OCL 100 Watt 2SC5200
Setelah kemarin saya menyajikan beberapa rangkaian amplifier kecil yang cocok untuk home audio sistem, kali ini saja tampilkan proyek DIY audio amplifier dengan power output yang besar, menghasilkan daya 100 watt pada beban speaker 8 ohm, atau 200 watt bila dibebani speaker dengan impedansi 4 ohm. Jadi bila kemarin kita merakit audio untuk rumahan, maka kali ini masuk ke merakit amplifier untuk kebutuhan public address atau pro audio.


Untuk DIYer pemula tidak saya sarankan merakit amplifier. Tapi bila anda sudah sukses merakit amplifier TIP2955-TIP3055 yang saya sajikan sebelumnya, maka anda sudah siap untuk merakit amplifier ini. Amplifier ini masih dalam kateogori mudah dirakit, karena tidak ada pengaturan arus bias, tinggal pasang komponen, langsung bisa di uji coba. Perhatikan juga cara menata kabel dan grounding-nya sesuai dengan artikel saya sebelumnya, agar tidak terjadi cacat suara dan dengung.

PCB dan Layout Komponen Power Amplifier 100 Watt
Untuk transistor output-nya anda bisa menggunakan Toshiba 2SC5200 atau yang sangat populer disekitar kita Sanken 2SC2922, kedua transistor ini memang dikhusukan untuk amplifier berdaya besar, sehingga bisa di supply dengan voltase yang cukup tinggi. Tentunya bila anda menggunakan transistor yang asli +/- 32 volt atau lebih, tapi jika anda kurang yakin bahwa transistor anda asli maka sebaiknya jangan di beri catu daya yang terlalu tinggi pakai saja dulu +/-15 volt. Karena transistor palsu tidak memiliki ketahan terhadap catu daya tinggi.

Karena PCB dan layout komponen sudah saya buatkan, maka anda tinggal menjiplak saja dan mencetak-nya pada PCB board. Bila anda kesulitan membuat PCB-nya kami menyediakan yang sudah jadi untuk anda. Proyek ini saya sediakan hanya untuk keperluan pribadi atau pendidikan. Apabila anda ingin memperbanyak untuk tujuan komersial harap meminta ijin tertulis dari kami sebagai pemengang hak cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar