Selamat Datang Di Blog Saya Semoga Bermanfaat

Kamis, 11 Desember 2014

Rangkaian Remote Control Telepon

Rangkaian Remote Control Telepon - Telepon adalah alat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya. Telepon zaman dulu adalah telepon duduk, tidak bisa dibawa kemana-mana. Keadaan demikian menyulitkan pengguna bila pengguna sedang tidak berada di dekat telepon. Lain halnya dengan handphone yang bebas bisa dibawa kemana-mana. Namun, jangan khawatir, sekarang telah ditemukan cara yang bisa menggunakan telepon rumah dari jarak jauh.
Rangkaian Remote Control Telepon yang diberikan di bawah ini adalah sebuah telepon yang dioperasikan dengan remote DTMF. Rangkaian Remote Control Telepon dapat digunakan untuk beralih hingga 9 perangkat menggunakan tombol 0 sampai 9 dari telepon. Digit 0 digunakan untuk beralih sistem telepon antara modus remote switching dan modus percakapan normal. IC KT3170 (DTMF ke BCD decoder) digunakan untuk memecahkan kode sinyal DTMF yang dikirim melalui jalur telepon ke format BCD yang sesuai. IC 74154 (4 – 16 demultiplexer) dan IC CD4023 (dual D flip flop) digunakan untuk mengaktifkan perangkat sesuai dengan sinyal penerimaan DTMF. Silakan lihat dan pelajari gambar skema Rangkaian Remote Control Telepon.

 Gambar Skema Rangkaian Remote Control Telepon


Adapun cara kerja Rangkaian Remote Control Telepon tersebut adalah sebagai berikut. Setelah mendengar nada dering dari telepon di akhir penerima, tekan tombol 0 dari telepon jarak jauh. IC1 akan memecahkan kode ini sebagai 1010. Pin 11 dari IC2 akan terinversi rendah dan oleh gerbang NOT di IC3 itu akan tinggi. Ini akan mengaktifkan IC5a flip flop dan transistor Q1 akan aktif. Ini akan membuat K1 estafet ON. Kedua kontak C1 dan C2 dari K1 relay akan ditutup. C1 akan membentuk loop 220 Ohm di seluruh saluran telepon untuk memutuskan dering sambungan dari saluran telepon (kondisi ini mirip dengan mengambil gagang telepon).
C2 akan menghubungkan sumber audio 10kHz ke saluran telepon untuk memberitahu Anda bahwa sistem ini sekarang dalam modus remote switch. Sekarang jika Anda menekan 1 di telepon pemancar, IC1 akan memecahkan kode sebagai 0001 dan pin 2 dari IC2 akan rendah. Setelah inversi oleh gerbang NOT yang sesuai di dalam IC3, itu akan tinggi. Ini akan mengalihkan IC5b flip flop dan transistor Q2 pada posisi ON. Relay akan diberi energi dan perangkat yang terhubung melalui kontaknya akan diaktifkan. Menekan 1 lagi akan beralih status perangkat. Dalam cara yang sama tombol 2 sampai 9 pada pemancar telepon dapat digunakan untuk beralih keadaan perangkat yang terhubung ke saluran O2- O9. Setelah beralih selesai, tekan tombol O pada telepon pemancar untuk mengaktifkan IC5a flip flop untuk de-energi pada K1. estafet 200 Ohm akan terputus dari baris, 10 KHz sumber audio akan dihapus dan penerima telepon akan siap untuk menerima panggilan baru. Selamat mencoba Rangkaian Remote Control Telepon .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar